DuaBiji.com - Portal Berita Baru: Kantor Majalah Charlie Hebdo Diserang, Pimpinan Redaksi Tewas

DuaBiji.com - Portal Berita Baru
 
thumbnail Kantor Majalah Charlie Hebdo Diserang, Pimpinan Redaksi Tewas
Jan 8th 2015, 05:22, by Sudiono Muji

Kantor Majalah Charlie Hebdo Diserang, Pimpinan Redaksi Tewas - Kantor majalah yang kerap menerbitkan karikatur Nabi Muhammad Saw, Charlie Hebdo mendapatkan serangan pada Rabu 7/1/2015. dimana dalam serangan tersebut menewaskan 12 orang yang salah satunya merupakan pimpinan redaksi Charlie Hebdo, Stephane Charbonnier.

Serangan ke kantor majalah Charlie Hebdo diduga dilakukan oleh kelompok Islam radikal, Seperti di lansir kompas.com, kini polisi prancis sudah Mengidentifikasi dari para tersangka penembakan yang di lakukan oleh dua orang bersaudara dan sau tersangka yang masih berusia 18 tahun.


Serangan itu diyakini sebagai aksi balasan terhadap pemuatan kartun oleh majalah tersebut yang menghina Nabi Muhammad Saw. sebelumnya Kantor Charlie Hebdo juga pernah dibakar tahun 2011 setelah majalah tersebut membuat edisi dengan sampul berslogan "100 cambukan jika kamu tidak mati tertawa"

Sebelumnya Pada tahun 2006, Charlie Hebdo juga menjadi target utama kelompok Islam radikal setelah majalah tersdebut mencetak ulang 12 kartun Nabi Muhammad yang sempat diterbitkan oleh Jyllands-Posten majalah harian Denmark

Salah satu kartun yang di muat majalah tersebut menampilkan sebuah bom yang ditempatkan dalam sebuah surban, tentu saja hal itu memicu protes di negara-negara Muslim. Namun, redaksi majalah ini selalu berkilah bahwa apa yang mereka lakukan adalah bagian dari kebebasan berekspresi

"Sejak karikatur Nabi Muhammad diterbitkan, majalah ini terus mendapatkan ancaman," kata Richard Malka, kuasa hukum majalah Charlie Hebdo, kepada radio RTL.

"Kami hidup di bawah ancaman selama delapan tahun. Memang ada perlindungan, tetapi mereka tak berdaya melawan penyerang yang membawa Kalashnikov," tambah Malka.

Malka melanjutkan bahwa insiden ini adalah sebuah kegilaan karena mereka menjadi sasaran kekerasan hanya karena "membuat kartun".

"Majalah ini hanya melakukan kebebasan berekspresi dan hari ini para jurnalis serta para kartunis membayar mahal untuk kebebasan itu," lanjut Malka.

Majalah yang terbit mulai sejak 1970 memang di kenal kerap membuat hal-hal satir yang oleh umat muslim dianggap menghina, melecehkan. Nama Charlie Hebdo didapat dan terinspirasi dari tokoh kartun Amerika, Charlie Brown. Sejak awal majalah Charlie Hebdo diterbitkan untuk menyinggung atau meledek politisi, selebrti dan juga agama. Kini majalah tersebut mengharapkan donasi agar majalah ini bisa tetap terbit.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 Response to "DuaBiji.com - Portal Berita Baru: Kantor Majalah Charlie Hebdo Diserang, Pimpinan Redaksi Tewas"

Post a Comment